Post info


Comments 0


Author: dispa


Apakah dokumenter itu?
Dalam cerita pemberitaan, pembaca berita akan menceritakan mengenai apa yang terjadi di suatu tempat dalam sebuah masyarakat. Dalam dokumenter, kita mempertunjukkan apa yang terjadi dalam masyarakat. Kita berbicara pada mereka yang terlibat dan menyaksikannya. Merekalah yang mempertunjukkan kisah tentang apa yang terjadi, bukan kita yang menceritakan kisahnya. Namun demikian, kitalah yang membuat tentang bagaimana kisah mereka itu akan diketengahkan.

Dokumenter radio bekerja seperti halnya dokumenter tertulis dan dokumenter televisi. Dokumenter radio mencari bagaimana untuk memperunjukkan kisah sebenanya tentang sebuah topik, tentang sebuah insiden, hubungan antara orang-orang, atau sebuah lingkungan.
Dalam sebuah dokumenter, penyajinya memainkan peran kedua. Yang terpenting adalah mereka yang terlibat menceritakan sendiri mengenai apa yang terjadi.

Dokumenter menggunakan teknik bertanya yang hampir mirip seperti seorang pengacara di sebuah kasus di pengadilan atau seperti seorang psikiatris yang menggali-gali masa lalu sang pasien.

Dalam dokumenter, kita menggunakan suara-suara dari realita yang terjadi sebagai sebuah alat yang sangat kuat untuk berkomunikasi.

Dokumenter mungkin sebuah format radio yang paling kuat yang kita miliki, mengingat ia membawa sang pendengar sedekat mungkin pada realitas. Dokumenter memiliki sentuhan manusiawi yang memberikan kesempatan pada pendengar untuk menginterpretasikan realitas menurut mereka sendiri, bukan diceritakan mengenai realita tersebut oleh orang lain.

Dokumenter yang baik masuk ke balik lapisan luar sebuah cerita yang sudah kita ketahui - atau kita pikir seolah-olah kita mengetahuinya - atau mengangkat sebuah cerita yang kita pikir sama sekali tidak pernah ada.

Dokumenter yang baik mencekat kita, mengagetkan kita, atau mengajarkan kita cara baru dalam melihat realitas yang kita pikir kita telah mengetahuinya... Sebuah dokumenter yang baik akan mengubah persepsi kita tentang realita

0 Komentar:


Posting Komentar

kirimkan pesan anda