Post info

Taq :


Comments 0


Author: dispa


Radio Sales Person adalah personalia yang bertanggung jawab atas pelaksanaan penjualan jasa (siaran) di radio. Umumnya ia menjual jasa penyiaran iklan radio, namun dalam banyak hal ia melakukan berbagai aktifitas transaksi yang tidak hanya berkaitan dengan iklan di radio. Lingkup tugasnya seluas kebijaksanaan radio dalam kaitan dengan penjualan jasa radio yang bersangkutan.

Potensi penjualan jasa radio meliputi :
1. Penyiaran iklan, baik spot maupun adlib (iklan baca)
2. Sponsor acara, yaitu menjual hak sponsor atas acara siaran yang diproduksi oleh radio yang bersangkutan.
3. Time buying atau blocking time buying, penjualan waktu siaran yang dimanfaatkan oleh pembelinya untuk menyiarkan paket siaran, baik dalam bentuk canned product (produk siaran yang telah dikemas seperti sandiwara radio atau acara lain yang sudah direkam.atau siaran langsung (remote broadcast).
4. Time Barter
5. Nerchandising, yaitu penjualan hak sponsor atas berbagai bentuk benda berlogo radio yang bersangkutan.
6. Off Air activities, yakni fasilitas sponsor atau berbagai kegiatan off air radio.
7. Building and hardware sponsor, yaitu transaksi khusus berkenaan dengan penjualan sewa hak guna atas fasilitas gedung, tower, kendaraan dinas (ob-Van) dan lainya.

Secara ringkas seorang radio sales person harus mengenal dan berkemampuan menjual :
ONA : On Air, semua peluang diacara siaran
OFFA : Off Air semua peluang di kegiatana oof air
NONA : Non Air semua peluang yang bukan on air dan juga bukan off air namun mengguanakan identitas radio.

0 Komentar:


Posting Komentar

kirimkan pesan anda